LAUNCHING MONITORING CENTER KOTA BENGKULU

Wakil walikota Bengkulu Dedi Wahyudi saat membuka acara launching monitoring center Kota Bengkulu

Rabu 19 desember 2018 pemerintah kota Bengkulu meresmikan  ruang monitoring center dan launching aplikasi HD City, Aplikasi HD OTO ,  Program Wifi gratis dan Program Ambulance Online Pemerintah Kota Bengkulu, empat program digital yang merupakan terobosan baru pemerintah kota Bengkulu, acara ini di gelar di kantor dinas Pariwisata Kota Bengkulu dimana telah dibangun Ruang Monitoring Center. Hadir dalam acara ini semua steakholder kota Bengkulu, wakil walikota Kota Bengkulu, kepala Bapelitbang kota Bengkulu, Jajaran Polda dan polres Bengkulu, kepala dinas OPD dan semua camat serta lurah se kota Bengkulu tidak tertinggal juga semua media yang ada di kota Bengkulu baik cetak, audio Maupun media online.

Dalam sambutannya wakil walikota Bengkulu Dedi wahyudi  menyampaikan bahwasanya saat ini di  butuhkan kerja keras, kerja cerdas dan ihklas untuk kota Bengkulu  Salah satu fungsi dari monitoring center ini adalah memantau aktivitas yang berada di titik strategis kota Bengkulu, sehingga melalui monitoring center ini Pemda kota Bengkulu berupaya meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Bengkulu. Selain itu, melalui monitoring center ini juga diharapkan membantu kepolisian dalam menekan angka kriminalitas.
 
Tampilan Layar Monitoring hasil pemantauan CCTV kondisi dalam Kota Bengkulu
Lebih lanjut dijelaskan penyediaan fasilitas tersebut adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Bengkulu sesuai dengan amanat UU no. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Beliau berharap ruang Monitoring Center diharapkan mampu berkontribusi besar dalam perkembangan pembangunan di Kota Bengkulu.

Dalam kesempatan yang sama  Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Bengkulu Medy Pebriansyah menerangkan Monitoring Center akan digunakan untuk pemantauan CCTV dalam wilayah Kota Bengkulu. Ruang pemantauan terhubung dengan 33 unit CCTV yang sudah terpasang dalam 3 jalur dalam Kota Bengkulu.
 
Saat demonstrasi Wakil walikota memberikan tanggapan atas penjelasan kepala dinas komimfo
Koridor I berlokasi di pantai jakat, pantai panjang, lingkar barat dan pagar dewa. Koridor II berlokasi di kampung cina, simpang Jamik Jl. Suprapto, simpang lima, padang jati. Untuk koridor III berlokasi di kampung bali, suka merindu
Jaringan CCTV ini pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2017 dan sudah terkoneksi dengan command center Polda dan command center Polres kota Bengkulu.

Kedepan di tahun anggaran 2019 akan dilakukan penambahan unit dan jaringan CCTV dalam kota Bengkulu, serta pembangunan command center pemerintah kota Bengkulu dengan fasilitas dan kemampuan yang lebih canggih dan modern lagi.
Disamping untuk pemantauan jaringan CCTV, monitiring center juga memantau pelaporan masyarakat berbasis online  berbasis web melalui lapor (Sistim pengelolaan pengaduan  pelayanan Publik nasional) SP4N (pusat pelaporan di infocom), pemantauan media sosial dan pelayanan PPID (Pejabat Pengelolaan informasi Daerah) online.

Seperti apa mekanisme kerja ke empat program digital tersebut, dan apa saja keunggulan program ini? Berikut penjelasannya.


1.      Aplikasi hidayah (HD) CITY

Aplikasi city view ini menampilkan informasi umum tentang kota Bengkulu berisi informasi gambaran kota Bengkulu yang meliputi wilayah, pemerintahan, info lokasi-lokasi penting , termasuk obyek wisata unggulan serta hotel dan restoran yang direkomendasikan dalam wilayah kota Bengkulu.

Dalam aplikasi ini juga terdapat menu untuk cityzen report atau pelaporan masyarakat. Masyarakat dapat melaporkan permasalahan yang ditemui seperti jalan berlubang, air PDAM yang mati, pelayanan pemerintahan yang kurang optimal, sampah yang menumpuk dan belum terangkut, dan lain-lain yang kemudian akan segera di respon dan ditindaklanjuti oleh unit kerja terkait.
Operator selalu siap memantau di ruang monitoring

Makna dari HIDAYAH CITY ini adalah agar kota Bengkulu menjadi kota yang selalu mendapat bimbingan dan petunjuk dari Allah swt, sehingga diharapkan menuju kota yang penuh keberkahan, aman tenteram, sejahtera, bahagia dan religius.

2.      Untuk aplikasi harapan dan doa (HD) OTO

Aplikasi HD OTO dapat di gunakan oleh semua masyarakat Bengkulu untuk melakukan jaringan komunikasi secara online dalam menggunakan pasilitas kendaraan dinas dan ambulans gratis, melalui aplikasi ini komunikasi terkoneksi ke monitoring center tersedia tersedia fasilitas SMS dan telepon saat dilakukan komunikasi lokasi korban atau yang meminta bantuan akan segera terdeteksi melalui aplikasi di layar monitor monitoring center. Aplikasi ini diharapkan memudahkan masyarakat yang butuh ambulans apabila terjadi peristiwa kecelakaan, mengantar pasien ke fasilitas kesehatan maupun untuk pemakaman, saat ini tersedia 22 ambulans. Selain itu kendaraan dinas lainnya baik mobil maupun motor dapat di gunakan sewaktu-waktu oleh masyarakat khususnya masyarakat tidak mampu.
Salah satu ambulans yang siap melayani masyarakat kota Bengkulu

Gagasan besar bapak walikota adalah untuk penggunaan kendaraan dinas pejabat dan OPD kota Bengkulu oleh masyarakat, utamanya untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Mengingat keterbatasan waktu di tahun anggaran 2018, maka pengembangan akan dilakukan pada tahun anggaran 2019.

Makna dari HD OTO adalah tidak ada masyarakat yang kesulitan kendaraan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan dan pelayanan kesehatan. Sehingga dapat digunakan untuk berbuat kebaikan dan tolong menolong sesama manusia/umat.
Kedua aplikasi ini sudah dapat di download di play store atau apps store
Contoh tampilan aplikasi saat di hubungi korban yang meminta pelayanan DH OTO


3.      Program wifi gratis
Program ini adalah penyediaan fasilitas wifi gratis tahun 2018 ini saat ini telah di sediakan 3 titik lokasi wifi gratis yang berlokasi di taman smart city simpang lima ratu samban, taman nusa indah, dan taman monitoring center jalan jati. Melalui program masyarakat dapat mengakses internet di lokasi yang telah di sediakan dimana penggunaan aplikasi ini telah di filter agara masyarakat dapat menggunakan internet secara cerdas, dan di manfaatkan untuk hal-hal yang bersipat menguntungkan masyarakat. Untuk tahun 2019 akan dilanjutkan di 10 titik di area publik di setiap kecamatan dalam wilayah kota bengkulu. Masyarakat bisa akses internet non stop 24 jam secara gratise.

4.       Program ambulance online

Program ini melanjutkan program lama wali kota Bengkulu yaitu program jemput sakit pulang sehat akan tetapi mulai sekarang pemanfaatan program ini lebih di permudah dengan pelayanan secara online melalu HD OTO, sebagaimana di jelaskan pada program HD OTO selama ini pelayanan ambulans gratis hanya melalui jaringan telepon, kedepannya pelayanan sudah menggunakan aplikasi HD OTO dimana pemesan yang menggunakan aplikasi dapat terpantau langsung oleh monitoring center, hal ini akan memudahakan dan mempercepat datangnya pertolongan karena akan segera terpantau lokasi korban dan dapat segera di sediakan ambulans yang siap sehingga jedah menunggu dapat di persempit, bukan hanya itu dengan aplikasi ini juga tim tidak dapat di bohongi oleh kilen atau masyarakat pemesan karena posisi dan keadaan pemesan dapat terpantau melalui media center saat mereka menggunakan aplikasi. Armada ambulans berjumlah 22 unit dari puskesmas, rumah sakit, dan dinas kesehatan. Unit ambulans tersebut siap digunakan sesuai kebutuhan masyarakat.
Senyum ceria Tima Blogger Bengkulu

Posting Komentar

0 Komentar