AKSI KARTINI DI MASA PANDEMI COVID 19

merebaknya Corona virus Disease (Covid 19) yang mengharuskan masyarakat  melakukan social distancing untuk memutus mata rantai penyebarannya hal ini mengakibatkan masyarakat harus menyesuaikan aktifitasnya dengan kondisi yang ada. Ini sesuai arahan presiden pada tanggal 15 Maret 2020 terkait dengan upaya pencegahan Corona virus Disease (Covid 19) serta mempertimbangkan adanya penetapan wabah corona sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Ibu jarnilawati relawan kelurahan Air putih lama kabupaten rejang lebong

Pandemi Covid-19 (Corona Viruses Desease) tidak mengenal orang, waktu, bahkan tempat. Pemerintah pusat telah melakukan berbagai upaya penanganan dan pencegahan berikut penganggarannya agar wabah virus Corona dapat diatasi dan dicegah tidak menyebar lebih luas.

Namun demikian, perilaku sebagian besar masyarakat Indonesia belum menunjukkan dukungan yang signifikan. Masih saja ada warga yang tidak mengindahkan sehingga masih banyak masyarakat yang tidak memenuhi protocol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah,
Akan tetapi tidak sedikit juga pandemic covid 19 menggugah kerelawanan segelintir masyarakat khususnya kaum perempuan yang berupaya secara swadaya ataupun berupaya menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk turut serta dalam upaya pencegahan penyebaran Corona virus Disease (Covid 19), berikut ini beberapa aktifitas kerelawanan masyarakat yang sempat terdekumentasi;
Ibu Rismayani Relawan kelurahan Sumber jaya kota Bengkulu

Adalah Ibu Jarnilawati, S.Pd,I,M.Pd seorang relawan anggota BKM Melati Putih Kelurahan Air Putih Lama yang juga sebagai Ketua RT 12 Kelurahan Air Putih Lama langsung beraksi. Sebagai upaya peningkatan kewaspadaan dan pencegahan terhadap penyebaran virus ini. Ibu Jarnilawati selaku ketua RT dan Anggota BKM Melati Putih melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggal mereka. Upaya bersama ini diharapkan lingkungan permukiman bebas kumuh, sehat dan terhindar dari wabah virus corona.

Ada juga Rismayani itu la nama Lengkap nya merupakan relawan kelurahan Sumber jaya Kota bengkulu Semangatnya untuk selalu membantu masyarakat telah mempermudah jalan kehidupannya, di masa pandemi covid 19 ini mulai dari menginisiasi pihak kelurahan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar berupaya mencegah penularan covid 19, penyemprotan desinfektan di lingkungan kelurahan hingga membantu membagikan sembako dari walikota Bengkulu kepada masyarakat Kelurahannya di lakukan beliau bersama-sama ibu lurah, dengan posisi beliau selaku koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) beliau menggerakkan semua anggota BKM, unit pengelola dan KPP yang ada untuk terlibat aktif dalam semua kegiatan.
Ibu rismayani bersama Masyarakat penerima Manfaat 

Masih banyak kartini-kartini lain yang begitu gesit dan aktif di masa pandemi covid 19 ini, semoga semua upaya mereka yang tulus dan iklas ini dapat juga menggugah perempuan-perempuan lain setidaknya dapat melakukan hal-hal bermanfaat di lingkungan keluarga masing-masing, sehingga pandemi covid 19 ini perlahan bisa berakhir .

Posting Komentar

0 Komentar